6 Manfaat Luar Biasa Donor Darah Untuk Kesehatan

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

 

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan – Setiap dua detik seseorang di Indonesia membutuhkan darah. Setiap hari, sekitar 36.000 unit sel darah merah dibutuhkan di Indonesia Sederhananya, itu banyak darah. Pasien dengan penyakit sel sabit atau kanker membutuhkan transfusi darah selama perawatan mereka, dan satu korban kecelakaan mobil dapat membutuhkan hingga 100 liter darah.

Karena darah tidak dapat dibuat atau diproduksi, pasien-pasien ini bergantung pada donor darah seumur hidup mereka.

Ini mungkin sesuatu yang sudah Anda ketahui. Anda mungkin pernah melihat poster dan bank darah keliling yang besar—donor darah masyarakat sering kali menjadi sorotan publik. Kita sering mendengar tentang pentingnya mendonorkan darah bagi penerimanya. Satu donor darah dapat membantu hingga tiga pasien.

Tapi apa manfaat mendonorkan darah bagi pendonor? Kami tidak sering mendengar tentang sisi pengaturan itu. Meskipun dampaknya sedikit kurang jelas, ada beberapa keuntungan kesehatan yang didapat dari mendonorkan darah.

Mungkin Anda sedang mempertimbangkan untuk mendonorkan darah tetapi tidak yakin akan efeknya pada tubuh Anda. Atau mungkin Anda pernah melakukannya sebelumnya dan ingin tahu bagaimana dampaknya jika Anda berdonasi secara teratur. Bagaimanapun, Anda mungkin akan terkejut dengan beberapa keuntungannya. Kami berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mengidentifikasi beberapa manfaat terbesar dari mendonorkan darah.

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Yang Pertama Adalah :

1. Donor darah dapat mengungkapkan potensi masalah kesehatan

Meskipun tidak sama dengan pergi ke dokter, mendonorkan darah bisa menjadi cara lain untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Anda akan menerima pemeriksaan fisik mini sebelum pengambilan darah, di mana seseorang akan memeriksa denyut nadi, tekanan darah, suhu tubuh, hemoglobin, dan lainnya. Ini terkadang dapat menjelaskan masalah yang bahkan tidak Anda ketahui.

“Jika darah Anda terlalu rendah zat besi, klinik akan memberi tahu Anda dan tidak akan mengambil darah Anda”, kata Jan Patenaude, ahli gizi dan terapis LEAP bersertifikat. Mereka juga akan memberi tahu Anda tentang masalah darah lain yang mereka perhatikan atau jika ada sesuatu yang tampak tidak biasa. Pemeriksaan kualitas darah sesekali dapat menjadi kunci untuk menemukan masalah kesehatan sebelum menjadi mengancam jiwa.

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Yang Kedua Adalah :

2. Donor darah dapat mengurangi simpanan zat besi yang berbahaya

Satu dari setiap dua ratus orang di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi yang disebut hemochromatosis dan sebagian besar bahkan tidak mengetahuinya, menurut Patenaude. Hemochromatosis adalah penyakit yang menyebabkan kelebihan zat besi dan diberi label sebagai penyakit genetik paling umum di kalangan bule oleh Mayo Clinic.

Sebagai donor darah yang berkomitmen, Patenaude merekomendasikan donasi sebagai cara untuk mengurangi simpanan zat besi ekstra tubuh. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan pembuangan sel darah merah dengan proses mengeluarkan darah (atau mendonorkan darah) adalah pengobatan pilihan untuk pasien dengan kelebihan zat besi dalam darah mereka.

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Yang Ketiga Adalah :

3. Donor darah dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung

Kadar zat besi yang tinggi dalam darah menyempitkan pembuluh darah Anda dan menciptakan lebih banyak risiko serangan jantung. Menghabiskan simpanan zat besi ekstra itu dengan mendonorkan darah memberi lebih banyak ruang bagi pembuluh darah Anda untuk beroperasi.

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Yang Keempat Adalah :

4. Donor darah dapat mengurangi risiko terkena kanker

Rata-rata, orang yang benar-benar sehat, hubungan antara mendonorkan darah dan penurunan risiko kanker sangat tipis. Namun penelitian memang mendukung penurunan risiko kanker bagi pendonor darah dengan berbagai penyakit, salah satunya hemokromatosis.

Phlebotomy (proses pengambilan darah) ditemukan sebagai metode pengurangan zat besi yang dikaitkan dengan risiko dan kematian kanker yang lebih rendah, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute. Studi ini berfokus pada pasien yang terkena penyakit arteri perifer (PAD), yang digambarkan oleh Mayo Clinic sebagai masalah peredaran darah yang umum. Pasien PAD yang rutin mendonorkan darah memiliki risiko lebih rendah terkena kanker dibandingkan mereka yang tidak.

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Yang Kelima Adalah :

5. Donor darah dapat membantu menjaga kesehatan liver

Bahaya lain dari kelebihan zat besi adalah kesehatan hati Anda. ”Dalam beberapa tahun terakhir, penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD), ekspresi sindrom metabolik hati, telah mencapai proporsi epidemik,” lapor National Center for Biotechnology Information.

Penelitian telah menghubungkan terlalu banyak zat besi dengan NAFLD, Hepatitis C dan penyakit serta infeksi hati lainnya.

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Yang Keenam Adalah :

6. Donor darah dapat membantu kondisi mental Anda

Menyumbangkan darah berarti bahwa seseorang (atau banyak orang) di suatu tempat akan mendapatkan bantuan yang sangat mereka butuhkan.

Anda memberikan waktu Anda (dan darah literal Anda) untuk membantu orang asing yang membutuhkan. Jika Anda pergi ke lokasi donor darah tertentu setiap kali, Anda akan mengenal beberapa staf yang juga mendedikasikan diri untuk tujuan menyelamatkan nyawa.

Jenis interaksi altruistik yang teratur ini memiliki manfaat psikologis yang besar. Keluar dari lingkungan Anda yang biasa untuk melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain merangsang dengan cara yang terbaik. Menjadi sukarelawan telah terbukti memiliki efek positif pada kebahagiaan. Pada orang di atas 65 tahun, menjadi sukarelawan juga mengurangi risiko depresi dan kesepian.

Patenaude percaya bahwa manfaat kesehatan psikologis yang Anda terima dari mengetahui bahwa Anda membantu orang lain sama bermanfaatnya dengan manfaat kesehatan fisik. Saat Anda menyingsingkan lengan baju dan duduk di kursi itu, Anda tahu bahwa Anda membuat perbedaan—dan itu membuat Anda merasa baik!

Donor darah bermanfaat bagi semua orang

Manfaat kesehatan dari mendonorkan darah cukup besar—tetapi tentu saja, bagian terpenting dari proses ini adalah membantu menyelamatkan nyawa. Donor darah baik untuk Anda, dan bahkan lebih baik untuk semua orang yang sangat membutuhkan bantuan.

Jika Anda tidak keberatan pengambilan darah atau melihat darah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menjadi asisten medis. Para profesional ini menyelamatkan nyawa setiap hari hanya dengan melakukan pekerjaan mereka.

Artikel diatas adalah tentang 6 Manfaat Luar Biasa Donor Darah Untuk Kesehatan, semoga informasi diatas dapat membantu anda. Dan jika anda ingin membaca artikel bermanfaat lainnya tentang Manfaat Mendapatkan Vaksin COVID 19, Silahkan kunjungi tautan tersebut.

Jika anda membutuhkan minuman kesehatan yang mampu untuk menyembuhkan penyakit seperti, kanker, diabetes, serangan jantung, atau penyakit lainnya, silahkan berkunjung ke situs kami Masagi untuk mendapatkan kebaikan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *