11 Tips untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan

11 Tips untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan

11 Tips untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan – Memiliki perasaan cemas sesekali adalah bagian normal dari kehidupan, tetapi orang dengan gangguan kecemasan mengalami kecemasan, ketakutan, teror, dan panik yang sering dan berlebihan dalam situasi sehari-hari. Perasaan ini tidak sehat jika mempengaruhi kualitas hidup Anda dan mencegah Anda berfungsi secara normal.

Gejala umum gangguan kecemasan meliputi:
– Merasa gugup
– Merasa tidak berdaya
– Rasa panik, bahaya atau malapetaka yang akan datang
– Peningkatan detak jantung
– Hiperventilasi
– Berkeringat
– Gemetar
– Secara obsesif memikirkan pemicu panik
– Perasaan cemas dan panik ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan sulit dikendalikan.
Mereka tidak proporsional dengan bahaya yang sebenarnya dan dapat menyebabkan Anda menghindari tempat atau situasi.

Anda harus menemui penyedia layanan kesehatan Anda jika kecemasan Anda memengaruhi kehidupan dan hubungan Anda. Penyedia Anda dapat membantu mengesampingkan masalah kesehatan fisik yang mendasarinya sebelum menemui profesional kesehatan mental.

Sementara kebanyakan orang dengan gangguan kecemasan memerlukan psikoterapi atau obat-obatan untuk mengendalikan kecemasan, perubahan gaya hidup dan strategi koping juga dapat membuat perbedaan.

Berikut adalah 11 tips untuk mengatasi gangguan kecemasan:

1. Tetap aktif secara fisik.

Kembangkan rutinitas sehingga Anda aktif secara fisik hampir setiap hari dalam seminggu. Olahraga adalah pereda stres yang ampuh. Ini dapat meningkatkan mood Anda dan membantu Anda tetap sehat. Mulailah perlahan, dan secara bertahap tingkatkan jumlah dan intensitas aktivitas Anda.

2. Hindari alkohol dan obat-obatan rekreasional.

Zat-zat ini dapat menyebabkan atau memperburuk kecemasan. Jika Anda tidak dapat berhenti sendiri, temui penyedia layanan kesehatan Anda atau temukan kelompok pendukung untuk membantu Anda.
Berhenti merokok, dan kurangi atau berhenti minum minuman berkafein.

11 Tips untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan, Selanjutnya Adalah :

3. Berhenti merokok, dan kurangi atau berhenti minum minuman berkafein.

Nikotin dan kafein dapat memperburuk kecemasan.

4. Gunakan manajemen stres dan teknik relaksasi.

Teknik visualisasi, meditasi dan yoga merupakan contoh teknik relaksasi yang dapat meredakan kecemasan.

5. Jadikan tidur sebagai prioritas.

Lakukan apa yang Anda bisa untuk memastikan Anda cukup tidur untuk merasa beristirahat. Jika Anda tidak bisa tidur nyenyak, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

11 Tips untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan, Selanjutnya Adalah :

6. Makan makanan sehat.

Diet sehat yang menggabungkan sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan ikan dapat dikaitkan dengan penurunan kecemasan, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

7. Pelajari tentang gangguan Anda.

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mencari tahu apa yang mungkin menyebabkan kondisi spesifik Anda dan perawatan apa yang terbaik untuk Anda. Libatkan keluarga dan teman Anda, dan mintalah dukungan mereka.

8. Tetap pada rencana perawatan Anda.

Minum obat sesuai petunjuk. Jaga janji terapi dan selesaikan tugas apa pun yang diberikan terapis Anda. Konsistensi dapat membuat perbedaan besar, terutama dalam hal minum obat Anda.

11 Tips untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan, Selanjutnya Adalah :

9. Identifikasi pemicu.

Pelajari situasi atau tindakan apa yang menyebabkan Anda stres atau meningkatkan kecemasan Anda. Latih strategi yang Anda kembangkan dengan penyedia kesehatan mental Anda sehingga Anda siap menghadapi perasaan cemas dalam situasi ini.

10. Buat jurnal.

Melacak kehidupan pribadi Anda dapat membantu Anda dan penyedia kesehatan mental Anda mengidentifikasi apa yang menyebabkan Anda stres dan apa yang tampaknya membantu Anda merasa lebih baik.

11. Bersosialisasi.

Jangan biarkan kekhawatiran mengisolasi Anda dari orang-orang terkasih atau aktivitas.

Artikel diatas adalah tentang 11 Tips untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan, semoga informasi diatas dapat membantu anda. Dan jika anda ingin membaca artikel bermanfaat lainnya tentang 5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil, Silahkan kunjungi tautan tersebut.

Jika anda membutuhkan minuman kesehatan yang mampu untuk menyembuhkan penyakit seperti, kanker, diabetes, serangan jantung, atau penyakit lainnya, silahkan berkunjung ke situs kami Masagi untuk mendapatkan kebaikan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *