Apa itu Diabetes Tipe 3? Apakah Lebih Berbahaya?

Apa itu Diabetes Tipe 3? Apakah Lebih Berbahaya? – Diabetes tipe 3 adalah nama kontroversial yang kadang-kadang digunakan untuk merujuk pada penyakit Alzheimer, sejenis demensia progresif. Hubungan kuat telah dibuat antara dua kondisi, terutama bahwa demensia dapat dipicu oleh jenis resistensi insulin yang terjadi secara khusus di otak.

Menurut American Diabetes Association (ADA), selain usia lanjut menderita diabetes atau pradiabetes adalah faktor risiko terbesar kedua untuk penyakit Alzheimer. Meskipun sejumlah kecil penelitian menemukan peningkatan risiko demensia dengan diabetes tipe 1, sebagian besar penelitian telah menyimpulkan bahwa hubungan antara diabetes dan Alzheimer ini khusus untuk diabetes tipe 2.
Namun, mengklasifikasikan Alzheimer sebagai diabetes tipe 3 masih kontroversial, dan banyak komunitas medis tidak mau mengakui diabetes tipe 3 sebagai diagnosis medis sampai penelitian lebih lanjut dilakukan.

Hubungan Antara Alzheimer dan Diabetes

Dalam studi otak orang setelah kematian, peneliti telah mencatat otak mereka yang menderita penyakit Alzheimer tetapi tidak memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2 menunjukkan banyak kelainan yang sama dengan otak mereka yang menderita diabetes, termasuk rendahnya kadar insulin di otak. brain.2 Penemuan inilah yang memunculkan teori bahwa Alzheimer adalah tipe diabetes yang spesifik-otak—”diabetes tipe 3″.

Pada diabetes, jika gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah, tubuh mengirimkan tanda-tanda masalah yang jelas: perubahan perilaku, kebingungan, kejang, dll. Namun, pada penyakit Alzheimer, alih-alih sinyal akut tersebut, fungsi dan struktur otak menurun secara bertahap dari waktu ke waktu.

Ketika sekelompok peneliti meninjau koleksi studi yang tersedia tentang penyakit Alzheimer dan fungsi otak, mereka mencatat bahwa temuan umum pada penyakit Alzheimer adalah penurunan kemampuan otak untuk menggunakan dan memetabolisme glukosa.

Lebih lanjut, para ilmuwan menentukan bahwa ketika fungsi insulin di otak memburuk, tidak hanya kemampuan kognitif yang menurun, ukuran dan struktur otak juga memburuk—semuanya biasanya terjadi saat penyakit Alzheimer berkembang.

* Apa itu Diabetes Tipe 3? Apakah Lebih Berbahaya?

Gejala Diabetes tipe 3

Gejala diabetes tipe 3 pada dasarnya sama dengan gejala demensia dini, yang menurut Asosiasi Alzheimer, meliputi: 4

– Kesulitan menyelesaikan tugas-tugas yang dulu akrab, seperti mengemudi ke toko kelontong
– Kehilangan memori yang mengganggu kehidupan sehari-hari
– Tantangan dalam perencanaan atau pemecahan masalah
– Kebingungan dengan waktu atau tempat
– Kesulitan memahami gambar visual atau hubungan spasial, seperti kesulitan membaca atau keseimbangan
– Kesulitan bergabung atau mengikuti percakapan atau berbicara/menulis
– Sering salah menaruh barang dan tidak dapat menelusuri kembali langkah Anda
– Perubahan suasana hati atau kepribadian

* Apa itu Diabetes Tipe 3? Apakah Lebih Berbahaya?

Penyebab

Selama beberapa dekade, para peneliti telah berusaha untuk menentukan penyebab spesifik penyakit Alzheimer. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sementara diabetes kemungkinan memperburuk dan berkontribusi pada perkembangan penyakit Alzheimer, itu mungkin bukan satu-satunya penyebab.

Namun, diketahui bahwa komplikasi diabetes dapat memengaruhi kesehatan otak dengan cara:

Meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, yang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, yang pada gilirannya dapat menghambat aliran darah ke otak, yang mengakibatkan demensia
Menyebabkan kelebihan insulin, yang dapat mengubah jumlah atau status zat kimia saraf lain yang mencapai otak, ketidakseimbangan yang dapat menyebabkan Alzheimer
Menyebabkan peningkatan gula darah, yang menyebabkan peradangan yang dapat merusak sel-sel otak dan memicu Alzheimer.

Jika Anda telah didiagnosis dengan diabetes tipe 2 dan Alzheimer, dokter Anda mungkin merekomendasikan protokol perawatan diabetes untuk membantu mengendalikan kadar gula darah Anda.

* Apa itu Diabetes Tipe 3? Apakah Lebih Berbahaya?

Perawatan standar untuk diabetes tipe 2 meliputi:

Modifikasi gaya hidup seperti penurunan berat badan, perubahan pola makan, dan olahraga
Berbagai terapi obat termasuk sulfonilurea, peptida seperti glukagon, biguanida seperti metformin, dan lain-lain
Insulin tambahan, umumnya digunakan hanya ketika perubahan gaya hidup dan obat lini pertama lainnya tidak efektif
Pemantauan gula darah yang sering dan pengujian Hb A1C
Ada potensi bahwa obat diabetes seperti metformin dan peptida seperti glukagon dapat membantu dalam mencegah perkembangan Alzheimer.8 Pada penelitian pada hewan dan manusia, obat-obatan ini telah menunjukkan bukti peningkatan sensitivitas insulin yang dapat melindungi terhadap kelainan struktural yang berkembang di Penyakit Alzheimer, meningkatkan kemampuan otak untuk memetabolisme glukosa, dan menunjukkan peningkatan fungsi kognitif dalam beberapa kasus.

Artikel diatas adalah tentang Apa itu Diabetes Tipe 3? Apakah Lebih Berbahaya?, semoga informasi diatas dapat membantu anda. Dan jika anda ingin membaca artikel bermanfaat lainnya tentang  3 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi di Pagi Hari, Silahkan kunjungi tautan tersebut.

Jika anda membutuhkan minuman kesehatan yang mampu untuk menyembuhkan penyakit seperti, kanker, diabetes, serangan jantung, atau penyakit lainnya, silahkan berkunjung ke situs kami Masagi untuk mendapatkan kebaikan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *