Mencegah atau Mengurangi Risiko Leukemia

Mencegah atau Mengurangi Risiko Leukemia

Mencegah atau Mengurangi Risiko Leukemia –  Ada sejumlah faktor risiko leukemia yang tidak dapat diubah, seperti usia atau jenis kelamin Anda. Dan sementara tidak ada metode yang terbukti untuk pencegahan langsung leukemia, ada beberapa cara yang mungkin dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit ini.

Memiliki kesadaran akan paparan seperti benzena dan pestisida, menghindari radiasi medis yang tidak perlu, tidak merokok, berolahraga, dan makan makanan yang sehat semuanya dapat membantu. Menguji rumah Anda untuk radon dan mempertahankan berat badan yang sehat juga dapat berdampak.

  • Mencegah atau Mengurangi Risiko Leukemia

Kesadaran lingkungan

Pengetahuan tentang zat-zat di lingkungan kita yang dapat meningkatkan risiko leukemia (karsinogen) masih terbatas. Tetap saja, berhati-hati dalam kaitannya dengan apa yang diketahui atau bahkan dicurigai itu bermanfaat, terutama jika paparan tertentu kemudian dikonfirmasi sebagai penyebab kanker.

  • Mencegah atau Mengurangi Risiko Leukemia

Benzena

Mungkin paparan paling terkenal dan paling didokumentasikan terkait dengan leukemia adalah benzena.1 Benzena adalah bahan kimia yang ditemukan di banyak produk seperti cat, noda kayu dan pernis, pelarut, resin, beberapa lem, beberapa plastik, beberapa produk pembersih, produk otomotif, jalan masuk sealer, pestisida, pembunuh gulma, deterjen, dan bensin tanpa timbal.

Ini adalah produk sampingan dari pembakaran batu bara dan minyak bumi, dan hadir dalam knalpot kendaraan bermotor. Hal ini juga hadir dalam asap tembakau.

Selain risiko untuk orang dewasa, paparan benzena pada anak kecil atau selama kehamilan telah dikaitkan dengan leukemia masa kanak-kanak.

  • Mencegah atau Mengurangi Risiko Leukemia

Formaldehida

Formaldehida juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko leukemia.2 Di tempat kerja, ini umum terjadi di laboratorium medis dan cairan pembalseman.

Di rumah, formaldehida ditemukan dalam produk kayu tekan (seperti papan partikel), beberapa penyegar udara, pelapis, wallpaper, dan pakaian pers permanen.

  • Mencegah atau Mengurangi Risiko Leukemia

Pestisida

Pestisida rumah dan kebun telah ditemukan terkait dengan leukemia pada anak-anak yang terpapar di dalam rahim, anak kecil yang terpapar di rumah, dan orang dewasa yang terpapar di rumah atau di tempat kerja.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa risiko pada anak-anak yang terpapar pestisida di rumah mencapai 7 kali lipat dari anak-anak yang tidak terpapar pestisida.

  • Mencegah atau Mengurangi Risiko Leukemia

Pilihan Cerdas

Dengan bahan kimia apa pun di rumah atau di tempat kerja, baca labelnya. Jika suatu zat membutuhkan ventilasi yang baik, perhatikan instruksinya. Beberapa produk hanya boleh digunakan saat memakai respirator (masker biasa mungkin tidak berguna). Mengenakan sarung tangan juga merupakan keharusan; kulit bukanlah penghalang yang kuat.

Aturan umumnya adalah jika Anda tidak ingin memakan sesuatu, Anda harus berpikir dua kali untuk menyentuhnya tanpa sarung tangan.

  • Mencegah atau Mengurangi Risiko Leukemia

Perawatan Medis

Ada serangkaian tes diagnostik dan pilihan perawatan yang luar biasa untuk berbagai masalah medis saat ini. Meskipun bermanfaat untuk tujuan yang dimaksudkan, beberapa juga dapat meningkatkan risiko leukemia.

Studi pencitraan seperti sinar-X dan CT scan menggunakan radiasi pengion untuk membantu penyedia layanan kesehatan mendiagnosis penyakit. Risiko leukemia terkait dengan studi ini pertama kali dicatat tidak lama setelah sinar-X diperkenalkan dan telah ditinjau kembali dalam beberapa tahun terakhir, terutama yang berkaitan dengan studi pencitraan untuk anak-anak.

Risiko kanker akibat radiasi medis bervariasi secara signifikan dengan studi tertentu yang dilakukan. Ketika berbicara tentang paparan radiasi, penyedia layanan kesehatan menggunakan istilah millisievert (mSV) atau milligray (mGy).

Tidak diketahui secara pasti tingkat paparan apa yang dapat menyebabkan leukemia, tetapi perkiraan telah dibuat berdasarkan risiko yang ditemukan dengan paparan bom atom.

Artikel diatas adalah tentang Mencegah atau Mengurangi Risiko Leukemia, semoga informasi diatas dapat membantu anda. Dan jika anda ingin membaca artikel bermanfaat lainnya tentang Bahagia dengan Self Care, Silahkan kunjungi tautan tersebut.

Jika anda membutuhkan minuman kesehatan yang mampu untuk menyembuhkan penyakit seperti, kanker, diabetes, serangan jantung, atau penyakit lainnya, silahkan berkunjung ke situs kami Masagi untuk mendapatkan kebaikan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *