4 Manfaat Mengkonsumsi Kentang Untuk Kesehatan Anda

4 Manfaat Mengkonsumsi Kentang Untuk Kesehatan Anda

4 Manfaat Mengkonsumsi Kentang Untuk Kesehatan Anda – Kentang adalah sayuran akar serbaguna dan makanan pokok di banyak rumah tangga. Mereka adalah umbi bawah tanah yang tumbuh di akar tanaman Solanum tuberosum. Kentang relatif murah, mudah ditanam dan dikemas dengan berbagai nutrisi.

Berikut adalah 4 manfaat kesehatan dan nutrisi kentang.

1. Dikemas Dengan Nutrisi

Kentang adalah sumber yang sangat baik dari banyak vitamin dan mineral.

Satu kentang panggang berukuran sedang (6,1 ons atau 173 gram), termasuk kulitnya, menyediakan (2):

Kalori: 161
Lemak: 0,2 gram
Protein: 4,3 gram
Karbohidrat: 36,6 gram
Serat: 3,8 gram
Vitamin C: 28% dari RDI
Vitamin B6: 27% dari RDI
Kalium: 26% dari RDI
Mangan: 19% dari RDI
Magnesium: 12% dari RDI
Fosfor: 12% dari RDI
Niasin: 12% dari RDI
Folat: 12% dari RDI
Kandungan nutrisi kentang dapat bervariasi tergantung pada varietas dan bagaimana mereka disiapkan. Misalnya, menggoreng kentang menambahkan lebih banyak kalori dan lemak daripada memanggangnya.

Penting juga untuk dicatat bahwa kulit kentang mengandung banyak vitamin dan mineral. Mengupas kentang secara signifikan dapat mengurangi kandungan nutrisinya.

2. Mengandung Antioksidan

Kentang kaya akan senyawa seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik (4).

Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dengan menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Ketika radikal bebas menumpuk, mereka dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker (5Trusted Source).

Misalnya, sebuah penelitian tabung menemukan bahwa antioksidan yang ada dalam kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

Studi juga menemukan bahwa kentang berwarna seperti kentang ungu dapat memiliki antioksidan tiga hingga empat kali lebih banyak daripada kentang putih. Ini membuat mereka berpotensi lebih efektif dalam menetralkan radikal bebas (7Trusted Source, 8Trusted Source).

Namun, sebagian besar bukti ini berasal dari penelitian tabung reaksi. Lebih banyak penelitian berbasis manusia diperlukan sebelum membuat rekomendasi kesehatan apa pun.

4 Manfaat Mengkonsumsi Kentang Untuk Kesehatan Anda

3. Dapat Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Kentang mengandung jenis pati khusus yang dikenal sebagai pati resisten.

Pati ini tidak dipecah dan diserap sepenuhnya oleh tubuh. Sebaliknya, ia mencapai usus besar di mana ia menjadi sumber nutrisi bagi bakteri menguntungkan di usus Anda (9Trusted Source).

Penelitian telah menghubungkan pati resisten dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi resistensi insulin, yang, pada gilirannya, meningkatkan kontrol gula darah.

Dalam sebuah penelitian pada hewan, tikus yang diberi makan pati resisten menunjukkan penurunan resistensi insulin. Ini berarti tubuh mereka lebih efisien dalam menghilangkan kelebihan gula dari darah (10).

Sebuah penelitian terhadap penderita diabetes tipe 2 menemukan bahwa mengonsumsi makanan dengan pati resisten membantu menghilangkan kelebihan gula darah dengan lebih baik setelah makan (11).

Dalam penelitian lain, sepuluh orang diberi makan 30 gram pati resisten setiap hari selama periode empat minggu. Para ilmuwan menemukan bahwa pati resisten mengurangi resistensi insulin sebesar 33%.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pati resisten dalam kentang juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Ketika pati resisten mencapai usus besar, itu menjadi makanan bagi bakteri usus yang menguntungkan. Bakteri ini mencernanya dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek (14).

Pati resisten dari kentang sebagian besar diubah menjadi butirat asam lemak rantai pendek — sumber makanan pilihan untuk bakteri usus (15Trusted Source, 16Trusted Source).

Penelitian telah menunjukkan bahwa butirat dapat mengurangi peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar dan mengurangi risiko kanker kolorektal (17).

Selain itu, butirat dapat membantu pasien dengan gangguan radang usus, seperti penyakit Crohn, kolitis ulserativa, dan divertikulitis (18Trusted Resource).

Konon, sebagian besar bukti seputar butirat berasal dari tabung reaksi atau penelitian pada hewan. Lebih banyak penelitian berbasis manusia diperlukan sebelum membuat rekomendasi.

Artikel diatas adalah tentang 4 Manfaat Mengkonsumsi Kentang Untuk Kesehatan Anda, semoga informasi diatas dapat membantu anda. Dan jika anda ingin membaca artikel bermanfaat lainnya tentang Obesitas Bisa Kurus Dengan Mengkonsumsi Jahe Merah?, Silahkan kunjungi tautan tersebut.

Jika anda membutuhkan minuman kesehatan yang mampu untuk menyembuhkan penyakit seperti, kanker, diabetes, serangan jantung, atau penyakit lainnya, silahkan berkunjung ke situs kami Masagi untuk mendapatkan kebaikan alami.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *